Korban Body Shaming


Genre : Daily

   Kali ini aku mau berbagi pengalaman aja sih gimana rasanya jadi korban keganasan Body shaming.

Body shaming sendiri adalah 

"mengomentari kekurangan dari fisik orang lain memang tanpa sadar sering kita lakukan. Dari mulai basa-basi, bercanda kelewatan atau bahkan demi mencairkan suasana."

   Mungkin kalian juga pernah ngerasain deh, pasti ku yakin. Cuman tergantung tiap individu nya mau dipikirin, atau dianggap angin lalu aja, nah makanya aku mau sharing perubahan aku yang mencolok banget setelah menjadi korban Body shaming itu.

   Dulu banget, aku pernah di tegur teman aku Rosa, gini ni

"Ca, bentar deh aku mau ngaca dulu" Kataku
"Kamu kalau penampilan, emang harus perfect gitu kah Bung?"
"Nggak juga sih, cuman pengen ngaca aja"

Hal itu juga nggak Rosa aja yang bilang, tapi Leni juga

Gini nih, saking lelahnya leni kalau aku nanya tentang baju

Aku sadar sih, cuman nggak ngerti kenapa bisa separah itu




   Dan tiap kali aku ke kampus, aku selalu sempatin waktu buat masuk ke WC, hanya sekedar bercermin, dan memastikan kalau pakaian yang aku pake itu rapi, dan pantas dilihat.

   Aku juga pernah jalan sama Leni, dan aku rasa celana yang aku pake nggak cocok dengan baju ku, jadi aku pulang lagi ke kost buat ganti celana. Faedah banget nggak sih? Leni aja sepanjang jalan ngomel mulu.


Saat nya aku ceritakan kenapa aku bisa punya sifat kayak gini.



   Jadi dulu sekitar aku semester 3 atau 4, aku kenal dengan seseorang (cowok) yang luar bisa suka mengkritik penampilan seseorang (mungkin dia nggak sadar juga, suka ngeritik gituh), sebut saja dia Young Lex singkatnya YL deh, biar nggak kepanjangan, soalnya muka dia dan young lex mirip sih (serius nggak bohong, kalau lama-lama dilihat mirip eh wkwk). 

Hal yang sering dia bilang ke aku tuh gini

"Coba kamu pake lipstik yang bagus, itu lipstik kamu murah kan?" Bilang YL 
"Nggak murah juga kok"
"Berapa emang? paling 50 an kan?" Kata YL

Waktu lagi nongki
"Coba kamu pake pakaian kayak cewek itu tu, masa kayak gini (sambil lihat ke aku)" kata YL
"Aku punya baju-baju kayak gitu"
"Trus kenapa pake baju ini?" Ucap YL

Sambil VC an
"Coba kamar kamu tuh di hias, kamar cewek kok nggak ada tempelannya?" Kata YL
"Aku nggak suka kamar rame sih, apalagi ada fotonya, kelihatan penuh gitu"

Kayak gini juga pernah
"Sepatu apa itu? murah kan?" YL bilang
"Aku ada sepatu lain, cuman baru di cuci, masa iya basah-basah aku pake" Kataku

Ada lagi nih
"Coba tas mu di ganti" bilang YL
"emang ini kenapa?"

Hal kayak gini juga dikritik
"Kamu ada parfum nggak?"
"Ada ni parfum bayi" Kata ku
"Ah nggak bagus, coba beli parfum asli gitu"
"Aku nggak suka wanginya, pusing kepalaku, enakan parfum bayi"

Dan ini masalah fisik
"Coba kamu gemukin badan, mana bagus cewek badannya kurus"
"Aku keturunan yo, udah coba semua juga gini-gini aja"
"Kalau aku cowok, kurus gpp, kamu tu cewek, coba kayak cewek lain"

Gemes nggak tuh kalian bacanya?

  Intinya tuh semua kata yang diucapkan mengacu pada fisik, uang, dan penampilan. YL menganggap aku tu ibaratnya tidak tau menahu tentang apa-apa.

  Karena aku sering dengar kata-kata kayak gitu, sedikit demi sedikit pribadi aku semakin terbentuk menjadi seseorang yang selalu memperhatikan penampilan, dan itu nggak aku sadari (Awalnya). Aku itu sadarnya waktu ditegur temanku, kalau apa-apa masalah penampilan aku pasti ribet, dandan aja lama.

  Aku juga nggak pernah upload foto di Instagram, soalnya aku rasa badanku terlalu kurus, dan nggak cocok aja buat foto, pasti hasilnya jelek, padahal aku belum pernah coba, tapi dah minder duluan.



Setelah insiden itu, perubahan mencolok di diri aku tuh kayak gini



   Aku selalu setrika baju sebelum berangkat kampus, terutama jilbabnya, sampai di kampus kalau jilbab aku agak nggak rapi aja, aku itu langsung risih gitu, ngebaikin jilbab serapi mungkin, karena aku nggak mau di pandang orang jelek. Kalau udah gini, teman-teman aku pasti bilang

"Udah rapi kok, biasa aja Bung"
 tapi aku mikirnya 
Ah pasti jelek ini jilbab


  Aku juga paling pusing kalau mau keacara, atau mau ketemu seseorang. Contohnya tuh waktu aku liburan di Samarinda, setiap hari aku jalan, jadi aku harus menyesuaikan diantara banyak baju, bisa-bisa aku mikirinnya selama 2 hari, sebelum menetapkan mau pake baju apa.Temanku Siti Musmini dan Eka Nurhayati aja sampai bingung gitu.

Itu contoh kecilnya aja sih

Nah Loh...


  Parah nggak sih menurut kalian, kalau body shaming ini bisa bikin orang yang contohnya seperti aku gini, awalnya nggak terlalu peduli penampilan, sekarang malah seolah-olah harus perfect.

  Emang apa sih masalahnya buat kalian kalau aku terlalu kurus?

  Emang apa sih masalahnya kalian kalau orang lain kelihatan gemuk? 

  Emang ada gunanya gituh ngurusin penampilan orang?

  Emang kamu udah ngaca hari ini? Please deh, kamu juga ada kekurangan, jadi stop body shaming keorang lain, nggak faedah sumpah.

  Orang yang mengkritik terkadang nggak sadar gitu, omongan dia bisa ngerubah sifat seseorang bahkan ada kasusnya gitu aku baca, dia depresi gegara di bully fisik, jadi stop deh body shaming ini, lagian emang kamu udah sempurna, hmmm nggak kan?.

  Mungkin maksud dia disini adalah "Aku pengen kamu berubah, makanya aku kritik, supaya lebih baik". Tapi kok aku yang merasakan seperti dia berkata "Aku malu, kamu jelek pashion nya", cuman aku di sini yang ngerti rasanya gimana waktu YL kritik gitu. 


  Setelah aku mejauh dari YL, aku mengalami perombakan besar-besaran
Mulai dari 


Pasang lampu yang kekinian, biar kamar ku rame



  Seolah-olah aku pengen nunjukin ke YL, kalau aku bisa kalau aku mau

Pokoknya semua aku dekor

  Setelah aku mensyukuri semua hal yang aku punya aku mulai upload foto di Instagram, dan udah lupa sama YL.



And you know what?

Jeng jeng....

Hmmm...
  Eh, btw dia udah ada pacar, pacarnya teman aku sendiri, waktu PDKT izin lagi ke aku, lucu sihhh kalau di ingat-ingat hahaha                                        

 

Pas aku lagi holiday di Samarinda, aku aktif bikin story

Maksudnya tuh, suka pake celana kain, bukan celana jeans

Nggak lama ada panggilan masuk, jeng jeng...




Tapi aku nggak angkat, dan nggak habis pikir lagi tuh ini


Dia kirim foto hahaha, ngakak coy
  Mungkin dia pikir aku bakal luluh, seperti yang lalu-lalu, andai aja ceweknya tau perbuatan dia gini.

 Percayalah, orang kayak gini hanya memandang fisik dan akan terus begitu, saranku mending menghindar. Toh tidak ada ruginya.

Dia 
Hanya pandai mengkritik 
Hanya pandai mencela 
Hanya pandai menuntut 
Hanya pandai mengatur  
Tapi tidak pernah berkaca

  Syukurnya aku tuh nggak pernah ngeritik penampilan orang lain, malah aku suka orang yang berantakan, trus bawaannya santai aja gitu. Enak aja perhatikan orang yang penampilannya berantakan, aku pengen juga kayak gitu, tapi masih susah, ada bagian dari diri aku yang masih menolak dan cenderung mendengarkan apa kata orang (mungkin bertahap kali ya)

  Ribet emang, tapi aku sadar kok sekarang, sebab ada seseorang yang buat aku mikir gini

Hei orang yang pernah ku kenal, 
makasih ya :)

  Kata-kata simple tapi buat aku dasar "Okay Bung, bodo amat orang mau kritik kayak gimana, selama aku nyaman, aku akan pake"

  Sekarang aku udah nggak terlalu peduli lagi terhadap Body Shaming. 


Bye-bye masalalu.

Comments

  1. Itu yakin ?? Bakal berubah, yakin gak bakal pedulikan penampilan wkwkw,,, kok aku gak yakin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha biasanya kan aku ribet banget Len, ini aku coba simple kok wkwk

      Delete
  2. ohh ternyata ini salah satu alasan kenapa banyak wc di mall selalu rame.

    ReplyDelete
  3. Nah bener tampil apa adanya jgn dngerin krtik org, yg nymn dikamu aja km pke :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar dong, aku mau tahu ni perasaanmu setelah baca tulisan ini

Popular posts from this blog

Tempat Berlindung Di Hari Tua, Tempat Akhir Menutup Mata

Bicara Tentang Pengakuan

Rumah Sakit